Rabu, 06 Juni 2012

Jasa Kolam | PADA SAAT KOLAM DIBANGUN DI BAWAH RINDANGNYA POHON HOMOGEN





Kolam yang baik adalah kolam yang tidak terlalu panjang durasi berhubungan dengan sinar matahari langsung. Selain untuk menjaga suhu air, juga untuk mencegah lumut berkembang dengan cepat. Untuk itu sering menjadi alternatif untuk menanam pohon rindang didekat kolam sehingga pada saat-saat tertentu, pada saat bayangan pohon cukup panjang, keteduhan kolam menjadi terjaga.

Namun apa yang terjadi apabila daun gugur banyak yang berjatuhan di kolam? Maka kita akan mempunyai jadwal untuk membersihkan yang lebih sering. Kalau tidak cepat-cepat ditangani, maka bisa membuat air kolam cepat keruh serta menghambat saluran irigasi dan drainase kolam tersebut. Pada akhirnya nanti, kita haruslah mengeluarkan dana yang cukup banyak untuk merawat taman tersebut.
Lalu bagaimana menjaga agar daun-daun tidak mengotori kolam?
Pertanyaan tadi bisa dijawab saat kita memilih jenis tanaman apa yang cocok ditempatkan pada area pinggiran kolam. Ada baiknya kita mempelajari jenis tanaman yang akan di pilih nanti, terutama kapan dan bagaimana dia akan daunnya berguguran dan kapan proses pembungaan tanaman tersebut terjadi. Biasanya di dalam proses pembungaan itu, mahkota bunga dan serbuk sari bisa berterbangan saat waktunya gugur dan bermekaran.
Jenis tanaman yang umum ada di pinggir kolam ialah jenis Palem berdaun relatif besar. Bila daun Palem gugur, maka dia akan jatuh seperti pelepah kering serta tidak tersebar berantakan kemana-mana. Kalaupun jatuh di atas permukaan air kolam, daun bisa diambil dengan mudah dan tidak merepotkan. Jenis palem yang umum digunakan ialah Palem Bismarkia (Bismarckia nobilis ), Palem Puteri (Veitchia merrillii ), Palem Merah (Crytostachys rendra ), Palem Silver (Coccothrinax argentea ), Palem Royal (Roystonea regia ), dll. Untuk kelas pohon pelindung, pohon Jabon Putih dan Ekaliptus De Glupta, bisa menjadi alternatif.

Pada saat pohon yang kita tanam adalah jenis pohon yang homogen (sejenis dengan pohon yang lainnya) akan mempermudah kita untuk mengetahui karakter keseluruhan pohon, berkaitan dengan dampak dan siklus gugur daunnya. Namun taman akan menjadi kurang atraktif bisa hanya dihiasi oleh pohon/ tanaman yang sejenis. Oleh karena itu keragaman menjadi keniscayaan.

Untuk menanggulanginya, maka dibutuhkan trik memilih tanaman lainnya dengan memilih karakter tanaman yang lebih kurang sama - dalam hal siklus dan karakter kekokohan daun -  namun berbeda dalam karakter warna dan bentuk daun. Sebagai contoh adalah jenis Pohon Kamboja (Plumeria rubra ) . Tanaman ini daunnya yang cukup kokoh dan besar, serta cukup sedikit yang gugur. Bahkan bila ada sedikit bunga yang jatuh di kolam, terutama bunga yang berwarna putih kuning, maka ini akan menjadi pemanis tersendiri. Kamboja bisa dipadukan dengan semak yang variatif, seperti: Puring berdaun besar dan dengan warna yang meriah (Codiaenum variegatum ), Kamboja Jepang (Adenium sp ), Drasaena (Dracaena sp. ), Daun Bahagia (Dieffenbachia sp .) untuk area agak teduh, Monstera yang berdaun besar dan lebar (Monstera deliciosa , daun kesan sobek dan Monstera obliqua , untuk daun kesan bolong), Nanas-nanasan (Bromelia sp. ), Jenis Lily (Hymenocallies sp. ), Nanas Kerang (Rhoeo spathacea ), dll.

Editor | Perkebunan Ekaliptus | Tribute to | Jasa Kolam | Agro Gemilang |


Posted by: Agro Gemilang Perkebunan Ekaliptus, Updated at: 21.58

2 komentar:

  1. titanium bmx frame from an affordable vintage - TITNIA Art
    "I wanted to use it as a frame for the IGT Xtreme, which I purchased for the titanium necklace original. This titanium chainmail is titanium exhaust tips the model of a top model at a  Rating: titanium rod in femur complications 5 · ‎Review by TJ Mairi · ‎$99.00 · ‎In ti89 titanium calculator stock

    BalasHapus