Selasa, 05 Juni 2012

Jasa Taman | ADA KALANYA TAMAN MEMERLUKAN SENTUHAN KONSEP FOREST


Secara umum, dalam konsep perumahan modern sekarang, taman dengan konsep forest ini, sudah jarang ditemukan. Selain karena gaya hidup kota yang ingin semua yang serba simple dan instan, juga karena lahan yang tersedia kurang mendukung untuk menerapkan konsep taman seperti ini.

Model taman ini paling cocok diterapkan di rumah dengan gaya tradisional, tropis, dan modern tropis. Namun bila kita kreatif, rumah dengan model apapun bisa dipadukan dengan model taman ini, yang penting memang sesuai dengan kebutuhan pemiliknya.

Model taman ini mengedepankan keasrian sebuah taman hutan, yang tidak jauh berbeda dengan keasrian taman hutan yang tercipta dengan sendirinya pada saat dahulu kala, yang mana pohon-pohon tinggi dan tanaman-tanaman lebat tumbuh dimana-mana di banyak tempat di pemukiman warga. Merupakan gambaran alam di Indonesia dengan model-model hutan tropis, aliran air sungai, bukit-bukitan. Unsur ini semua yang menjadi sumber inspirasi dari taman ini.

Bagi pribadi-pribadi pemulia alam, konsep ini akan membawa mereka menjadi pribadi yang senantiasa memikirkan alam dan kelestariannya. Menghadirkan taman ini seperti menghadirkan suasana hutan tropis di halaman rumah. Kira-kira 85% tanaman sekitar kita bisa kita aplikasikan untuk mengisi softscapenya, dengan mempertimbangkan gradasi warna dan sifat tanamannya agar kelihatan menarik dan tidak monoton.

Salah satu pilihan tanaman adalah dengan karakteristik daun lebar, tidak punya masa berbunga, warna daun yang unik dan menarik, serta kecenderungan tumbuh secara liar. Memiliki tajuk bunga yang lebat dan rimbun dan cenderung tumbuh dibawang naungan pohon besar.

Kalau kita sebutkan beberapa jenis yang dapat diaplikasikan adalah sebagai berikut: Jahe-jahean, tandung rusa, beringin, philodendron, alokasia, palem, kacang hias, bromelia, pandan wangi, heliconia, kamboja, dan banyak jenis tanaman lain.

Kolam model konvensional juga sangat cocok dengan model taman ini. Tidak ada salahnya juga jika dipadukan dengan gazebo alami yang bahannya dari kayu.

Untuk pengaturan tanaman dilakukan berdasarkan komposisi warna dan ukurannya hingga menyerupai kerimbunan hutan tropis. Tanaman buah juga bisa diterapkan disini, misalnya mangga, belimbing, jambu dan lainnya. Semua kerimbunan ini akan menonjolkan kesan alami dan yang paling penting dia bisa memberikan oksigen dalam jumlah yang relatif lebih banyak.

Untuk perawatan taman dengan model ini pada dasarnya tidaklah membutuhkan keahlian khusus, tinggal pangkas cabang, daun dan bagian-bagian yang tidak dikehendaki, lalu cegah segala macam gangguan hama.




Apakah Anda terinspirasi menerapkan model taman ini di rumah Anda?

Editor | Perkebunan Ekaliptus | Tribute to | Jasa Taman | Agro Gemilang |

Posted by: Agro Gemilang Perkebunan Ekaliptus, Updated at: 20.08

Tidak ada komentar:

Posting Komentar